RSS

Perjuangan Tim PPI Leipzig di Sportfest Berlin

24 Jul

Oleh Arli

Walaupun PPI Leipzig baru terbentuk 2 bulan, namun ternyata tim olahraganya sudah mencetak prestasi. Sportfest Berlin adalah saksinya. Semua ini tak lepas dari perjuangan atlet-atletnya. Bagaimana ceritanya?

Sepintas Sportfest Berlin

Sportfest Berlin adalah event olahraga yang diadakan oleh PPI Berlin. Event ini dilaksanakan antara tanggal 23-24 Juli 2011. Cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan sangatlah bervariasi, diantaranya bulutangkis, mini sepakbola, voli, basket, atletik 4×1100, dan tarik tambang. Kita semua sudah memahami, bahwa tim unggulan seperti PPI Goettingen, PPI Berlin, dan Frada sudah dipastikan akan mendominasi semua event pertandingan. Sebagai tuan rumah, Berlin pun dipastikan akan dapat dukungan penuh dari supporter. Namun, justru posisi ‘underdog’ membuat tim PPI Leipzig berjuang tanpa beban sedikitpun. Justru dengan bertanding tanpa beban inilah, maka prestasi dapat dicetak.

Cabang olah raga yang diikuti

Adapun, dengan keterbatasan SDM yang ada, kami memutuskan untuk mengikuti beberapa cabor. Yaitu Mini sepakbola, Voli, Atletik, dan Tarik tambang. Keterbatasan SDM memang memaksa kami untuk mengambil keputusan ‘overlapping’ atlet cabor, yaitu adanya beberapa atlet yang mengikuti beberapa cabor sekaligus. Hal ini yang harus dievaluasi lebih lanjut, karena atlet yang ‘overlaping’ jelas akan perform kurang maksimal.
Sebagai ‘bayi’ yang baru berumur 2 bulan, jelas tim olahraga PPI Leipzig harus lebih optimum dalam lakukan pemetaan keunggulannya. Alhasil, ada beberapa atlet cabor atletik, yaitu Anang, Dicky, Rafa, dan Ariel, yang mau tidak mau juga mengikuti cabor lain. Sebelum cabor atletik dimulai, mereka berempat sudah bermain mini soccer terlebih dahulu. Walaupun Anang dan Dicky, karena sudah sangat berpengalaman, sama sekali tidak terpengaruh dengan ‘overlapping’ yang sangat menguras stamina ini, namun tidak demikian dengan Rafa dan Ariel. Kondisinya, Rafa dan Ariel harus mengikuti perlombaan atletik, walaupun sudah sangat kecapaian setelah mengikuti cabor mini sepakbola.

PPI Leipzig membawa pulang medali atletik

Alhasil, beberapa saat setelah tim PPI Leipzig ‘kandas’ di cabor mini sepakbola, perlombaan atletik 4×1100 meter dimulai. Seperti apa sih perlombaan atletik ini? Lengkapnya, atletik 4×1100 meter adalah lari estafet dengan menggunakan 4 atlet. Lintasan yang harus dilalui bukalah lintasan yang biasa digunakan pada pertandingan atletik, namun lintasan taman. ‘Landscape’ dari lintasan tersebut sangatlah bervariasi, ada naik turunnya. Memang, dari perpektif atletik, lintasan tersebut sangatlah menantang. Harus sangat memahami medan untuk menaklukkannya.
Alhasil, perlombaan atletik dimulai dengan lari satu-satu. Jadi tidak semua pelari akan melintasi lintasan, tapi dilepas satu persatu. Di tim leipzig, Dicky memulai sebagai pelari pertama, dan mencetak waktu 3 menit 48 detik. Sementara Anang menjadi pelari kedua, dan mencetak waktu 4 menit 11 detik. Secara kumulatif, apa yang dicapai kedua pelari awal ini sudah sangatlah luar biasa, seperti apa yang pernah mereka capai di event PON dan SEAGAMES. Namun, tibalah waktu bagi pelari ketiga, yaitu Rafa. Sewaktu Rafa lari, kamipun menunggu dia mencapai finish. Namun, 3 menit berlalu, dan 4 menit berlalu, dan tidak sampai-sampai juga. Akhirnya Dicky inisiatif untuk mengecek posisi Rafa, dan ternyata dia sudah mengalami kecapaian yang amat sangat. Akhirnya, setelah berjuang tertatih-tatih, Rafa dapat mencapai garis finish pada menit ke 5. Hal yang sama juga terjadi pada Ariel, dan dia juga tertatih-tatih sebagai pelari terakhir. Dengan perjuangan keras, akhirnya Ariel dapat mencapai finish pada waktu 4 menit 40 detik. Sewaktu tim leipzig selesai berlari, dan mengamati tim lawan, awalnya kami sudah pesimis akan mendapatkan medali. Namun, ternyata tim leipzig tetaplah mendapatkan medali perak. Bagi kami, ini adalah hal yang harus sangat disyukuri, sebab sebagai ‘underdog’ tidak memasang target muluk-muluk. Medali perak ini bisa didapat, tidak lepas dari perjuangan keempat atlet kita, dan juga persiapan latihan yang cukup.

Pemetaan di cabor lain

Selesai dengan Atletik, tim leipzig mengikuti perlombaan voli. Pada hari pertama, Leipzig dapat menumbangkan tim brandenburg. Namun di hari kedua, terjadi kekurangan pemain. Alhasil Pertandingan voli antara PPI Leipzig versus Berlin dan kemudian Zittau, dibantu oleh Bli Made dari Thurigen. Kita menang voli melawan brandenburg dan zittau, dan kalah melawan Berlin 1. Namun secara kumulatif poin tidak mencukupi untuk memasuki babak utama.
Namun, tim leipzig tetap mendapatkan kehormatan dalam bentuk lain. Anang dan Dicky menjadi wasit pertandingan final voli putera antara PPI Goettingen versus Frada. Mereka berdua pun sudah diminta untuk menjadi wasit di event sportfest mendatang. Permintaan ini datang langsung dari panitia sendiri.
Kami juga memutuskan mundur dari tarik tambang, karena tim sudah sangat kecapaian.

Optimasi cabor kedepan

Perlu optimalisasi sdm, agar tidak terjadi overlapping cabor. Tumpang-tindih inilah yang sebabkan cabor yang diikuti sama sekali tidak dapat tampil secara optimum.
Meningkatkan kekompakan secara internal (ke dalam leipzig) dan eksternal (ke seluruh wilayah Sachsen dan Sachsen-Anhalt). Kekurangan sdm atlet harus secara dibenahi, dengan tingkatkan kekompakan. Harus diupayakan latihan secara reguler terhadap cabor dimana kita punya potensi (voli dan atletik), dan dilakukan pemetaan dan pembinaan lebih lanjut terhadap cabor lain.
Perlu ada tim supporter yang baik. Keberhasilan Goettingen, Berlin, dan Frada juga dikarenakan mereka memiliki basis supporter. Leipzig harus bekerja keras untuk optimalisasi tim supporternya.

Ucapan Terima Kasih

Kepada Akang Dicky, yang khusus mendatangi Leipzig untuk membela tim kami.
Kepada Bli Made (Thuringen) atas bantuannya di Voli Putera.

Penulis adalah Penggemar Olah Raga

 
Leave a comment

Posted by on July 24, 2011 in Pengalaman

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: